Selasa, 22 Februari 2011

EKSPEDISI BUKIT BARISAN 2011 DILUNCURKAN

Senin, 07 Februari 2011 15:40 WIB

Wadanjen Kopassus, Brigjen TNI Agus Sutomo, membuka secara resmi dimulainya Ekspedisi Bukit Barisan 2011 dalam sebuah upacara di Daerah Latihan Kopassus Situlembang, Jawa Barat, Senin (07/02). Seluruh anggota ekspedisi akan berada di lokasi tersebut dan di daerah gunung Kareumbi, Sumedang sampai dengan akhir Februari untuk mengadakan serangkaian persiapan ekspedisi.
Dalam amanatnya yang dibacakan Agus Sutomo, Danjen mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakannya Ekspedisi Bukit Barisan ini adalah karena belum terdatanya secara baik potensi sumber daya alam, flora dan fauna yang sangat besar dan unik, tersebar mulai dari ujung barat di Sabang sampai dengan ujung timur di Merauke.
Oleh karenanya, kata Danjen, dalam pelaksanaannya ekspedisi ini akan melakukan penjelajahan, penelitian dan pendataan tentang kondisi hutan, potensi kekayaan alam, dan kemungkinan potensi bencana alam yang ada di Pegunungan Bukit Barisan, dengan melibatkan sejumlah tenaga ahli,Wanadri, kelompok pecinta alam dan sejumlah perguruan tinggi seperti ITB, UI,UGM,UNPAD,IPB,UNJ dan Undip,TV one, Jawa Pos  dengan kekuatan sejumlah 706 orang.
Ditambahkan Danjen bahwa, nantinya ekspedisi akan melakukan penjelajahan dan penelitian disejumlah gunung diantaranya Gunung Leuser di Aceh,  Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Singgalang di Sumatera Barat, Gunung Kerinci di Jambi, Gunung Seublat di Bengkulu, Gunung Dempo di Sumatera Selatan  dan Gunung Tanggamus di Lampung.
Menurut rencana Ekspedisi setiap satu gunung terbagi dua tim, tim satu sebagai tim penjelajahan dan tim 2 melaksanakan penelitian dengan sasaran gunung masing-masing yang secara serentak akan memulai penjelajahan dan penelitiannya pada minggu terakhir Februari sampai dengan Agustus 2011.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar